Logo Bloomberg Technoz

"Komentar Powell menunjukkan bahwa The Fed tidak akan melakukan penurunan suku bunga pada bulan Juni seperti yang diprediksi sebelumnya," kata Krishna Guha di Evercore. "Komentarnya konsisten dengan skenario 'rencana B' pada bulan Juli untuk dua kali pemotongan suku bunga tahun ini. Namun, ada juga kemungkinan The Fed akan menahan suku bunga lebih lama jika inflasi terus menunjukkan hasil yang mengecewakan."

Futures untuk S&P 500 menunjukkan sedikit rebound setelah indeks pada Selasa (16/04/2024) turun menjadi sekitar 5.050. Imbal hasil AS 10 tahun naik tujuh basis poin menjadi 4,67%, sementara imbal hasil Australia yang setara naik empat basis poin pada Rabu (17/04/2024) dini hari. Emas bertahan di dekat rekor tertinggi dan minyak hampir tidak berubah karena para pedagang memantau respons Israel terhadap serangan Iran akhir pekan lalu.

Grafik imbal hasil AS. (Sumber: Bloomberg)

Setelah memulai tahun dengan memperkirakan hingga enam pemotongan suku bunga pada 2024, atau 1,5 poin persentase pelonggaran, para trader kini ragu akan adanya penurunan, bahkan sebesar setengah poin. Ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga The Fed, yang runtuh dalam dua pekan terakhir, semakin menurun setelah komentar Powell terkait inflasi. Sekitar 40 basis poin pelonggaran tetap diperkirakan untuk tahun ini.

"Jika Anda mencari sedikit pelonggaran atau pembicaraan dovish dari Powell, Anda tidak melewatkannya — dia memang tidak memberikannya," kata Andrew Brenner di NatAlliance Securities.

Sebelumnya pada Selasa, Wakil Ketua Dewan Gubernur The Fed Philip Jefferson mengatakan dia memperkirakan inflasi akan terus moderat dengan suku bunga pada level saat ini. Namun, tekanan harga yang terus-menerus akan menjamin biaya pinjaman tetap tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Gubernur The Fed Richmond, Thomas Barkin, mengatakan beberapa data baru-baru ini, termasuk indeks harga konsumen, "tidak mendukung" soft landing (perekonomian yang melambat namun terhindar dari resesi).

Di tengah semua kekhawatiran tersebut, indeks MOVE yang sangat diawasi, yang merupakan ukuran ekspektasi volatilitas Treasury berbasis opsi, melonjak ke level tertinggi sejak Januari.

Grafik indeks MOVE. (Sumber: Bloomberg)

Menurut James Demmert di Main Street Research, kenaikan imbal hasil obligasi merupakan pertanda bahwa ekonomi global dan laba perusahaan masih kuat dan tangguh. Meskipun hal itu mungkin mengakibatkan penurunan suku bunga yang lebih kecil dari perkiraan atau bahkan tidak ada pemotongan sama sekali, hal ini tidak akan merusak pasar saham.

"Pada fase awal siklus bisnis baru, pendapatan — bukan The Fed — yang mendorong saham," katanya. "Pendapatan telah jauh lebih baik dari perkiraan dan kami membayangkan hasil serupa karena musim pendapatan sekali lagi berlangsung penuh. Kami adalah pembeli dari koreksi pasar saham ini."

(bbn)

No more pages