Logo Bloomberg Technoz

Polri Sebut Microsleep Picu Kecelakaan KM 58 Tol Jakarta Cikampek

Muhammad Fikri
15 April 2024 17:15

Tim Investigator Keselamatan LLAJ KNKT melakukan investigasi terhadap kecelakaan yang terjadi di Tol Jakarta Cikampek KM 58 (Instagram @knkt_ri)
Tim Investigator Keselamatan LLAJ KNKT melakukan investigasi terhadap kecelakaan yang terjadi di Tol Jakarta Cikampek KM 58 (Instagram @knkt_ri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan supir mobil Grandmax dengan pelat nomor B 1625 BKT mengalami microsleep saat melaju di jalur contraflow Jalan Tol Jakarta Cikampek. Hal ini menjadi penyebab mobil tersebut melaju kencang ke luar jalur dan menabrak kendaraan dari arah sebaliknya.

"Pengemudi tersebut mengalami kelelahan yang mengakibatkan microsleep atau mengantuk," kata Trunoyudo, Senin (15/4/2024).

Berdasarkan data Polri, pengemudi menjadi salah satu dari 12 korban meninggal dunia dalam kecelakaan maut di KM 58 Tol Japek tersebut. Ukar Karmana, sopir berusia 55 tahun tersebut tercatat melakukan perjalanan bolak balik Jakarta-Ciamis selama masa mudik Lebaran 2024.

Ukar tercatat berangkat dari Ciamis menuju Jakarta pada pukul 19.30 WIB, Jumat (5/4/2024). Dia kemudian mengantar penumpang untuk mudik ke Ciamis pada Sabtu Siang (6/4/2024).

Ukar kembali berangkat ke Jakarta untuk menjemput penumpang pada Minggu Pagi (7/4/2024). Dia kemudian mengantar penumpang mudik pada Minggu Sore.