Logo Bloomberg Technoz

Apa itu Microsleep yang Diduga Penyebab 2 Kecelakaan Saat Lebaran

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 April 2024 20:40

Kakorlantas Polri turun langsung ke TKP kecelakaan di Km 370 Tol Batang-Semarang (Instagram @korlantaspolri.ntmc)
Kakorlantas Polri turun langsung ke TKP kecelakaan di Km 370 Tol Batang-Semarang (Instagram @korlantaspolri.ntmc)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan di KM 58 Tol Jakarta- Cikampek (Japek) dilaporkan terjadi akibat pengemudi mobil Gran Max mengalami kelelahan sehingga mengakibatkan microsleep. Pun dengan Rosalia Indah yang menewaskan tujuh penumpang.

Meskipun istilah microsleep terdengar asing, namun apabila kondisi tersebut terjadi saat ada di balik kemudi maka berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Apa yang dimaksud dengan microsleep?

Melansir laman resmi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (Ditjen Yankes) Kementerian Kesehatan (Kemkes) microsleep merupakan gejala alamiah yang bisa terjadi saat manusia normal mengalami kelelahan berlebihan.

Pada umumnya, kondisi ini diikuti dengan beberapa tanda seperti mata yang terasa pedas, kedipan mata lambat, kepala yang mengangguk-angguk, atau tubuh terasa bergetar.

Microsleep sering terjadi sebagai akibat dari kurang tidur, beberapa kasus menjelaskan bahwa penderita microsleep juga dialami oleh mereka yang melakukan pekerjaan yang monoton meski hanya beberapa detik,” terang Ditjen Yankes, dikutip Kamis (11/4/2024).