Logo Bloomberg Technoz

Ini 3 Dampak Perang Iran-Israel Bagi Indonesia Versi Ekonom

Pramesti Regita Cindy
15 April 2024 16:53

Bambang Brodjonegoro. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Bambang Brodjonegoro. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom Bambang S. Brodjonegoro memberikan pandangan mengenai dampak konflik antara Iran dan Israel terhadap ekonomi Indonesia.

Menurut mantan Menteri Keuangan ini, tiga aspek utama yang akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia yakni, ketimpangan eksternal dengan neraca pembayaran, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi. Berikut penjelasannya:

1. Ketimpangan Eksternal dengan Neraca Pembayaran

Bambang menilai ketimpangan eksternal terkait dengan neraca pembayaran menjadi perhatian utama, terutama dengan adanya potensi gangguan distribusi melalui Terusan Suez, Laut Merah, dan wilayah sekitarnya. Selain itu, melemahnya permintaan global akibat suku bunga tinggi turut mempengaruhi prospek ekspor Indonesia, baik di sektor manufaktur maupun komoditas.

"Kalau lihat hari ini kenapa rupiah memang menghadapi pelemahan? sebelum ada itu Iran-Israel, itu lebih karena dolar menguat terhadap semua mata uang, kenapa dolar AS menguat ke semua mata uang? karena semua pihak dalam tanda petik mereka menyangka bahwa Federal Reserve [Bank sentral Amerika] akan melakukan pemotongan suku bunga," jelas Bambang dalam webinar yang digelar oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter, Senin (15/4/2024).