Logo Bloomberg Technoz

Serangan Iran Jadi Ujian Pertahanan Udara yang Dibanggakan Israel

News
14 April 2024 07:40

Pasukan darat Israel saat perlawanan dengan Hamas. (Dok: Bloomberg)
Pasukan darat Israel saat perlawanan dengan Hamas. (Dok: Bloomberg)

Courtney McBride dan Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel akan menjadi ujian terbesar bagi pertahanan udara kebanggaan negara tersebut, dan akan memaksa negara tersebut untuk merespons beberapa drone dan rudal secara bersamaan.

Setelah sejumlah drone yang bergerak lambat diluncurkan ke Israel, Iran juga menembakkan rudal, yang bergerak lebih cepat, menurut juru bicara Pasukan Pertahanan Israel.

Serangan tersebut mungkin membingungkan sistem pertahanan udara Israel, karena mereka mungkin tiba dengan kecepatan, ketinggian dan arah yang berbeda, menurut orang-orang yang akrab dengan intelijen Amerika Serikat (AS) dan Israel, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya saat mendiskusikan penilaian internal.

Sistem radar dan baterai rudal bergerak yang saling terhubung dan didukung AS dirancang untuk menembak jatuh roket, rudal, dan mortir yang dapat menghantam pusat populasi Israel atau infrastruktur penting. Ia dipuji karena mencapai tingkat intersepsi 90% dalam serangan sebelumnya.