Logo Bloomberg Technoz

CEO Citigroup Bicara Sebab Baru Krisis Likuiditas Bank

News
23 March 2023 11:21

Jane Fraser. (Valerie Plesch/Bloomberg)
Jane Fraser. (Valerie Plesch/Bloomberg)

Jenny Surane - Bloomberg News

Bloomberg - Chief Executive Officer Citigroup Inc, Jane Fraser, mengatakan kemampuan nasabah bank untuk memindahkan jutaan dolar AS hanya melalui beberapa klik melalui aplikasi ponsel mempengaruhi cara bankir dan regulator dalam mengatur serta merespons risiko bank run.

Bank run adalah sebuah istilah yang menggambarkan aksi nasabah yang menarik dana dari bank dalam jumlah besar dalam tempo yang hampir bersama-sama karena khawatir soal kondisi bank. Hal ini membuat bank kesulitan likuiditas untuk menyediakan dana tunai karena sebagian besar dana nasabah sudah disalurkan dalam bentuk kredit dan tidak bisa dibatalkan.

Fraser mengungkapkan kejatuhan Silicon Valley Bank (SVB) yang begitu cepat juga mempersulit bank-bank dalam menilai dan mempersiapkan penawaran untuk aset-asetnya. Hanya dua minggu setelah bank asal California itu runtuh akibat penarikan puluhan miliar dolar AS oleh para klien venture capital-nya, Fraser berharap akan ada pembeli SVB dalam beberapa hari mendatang. 

“Ini adalah perubahan signifikan (game changer) dari apa yang telah kita lihat sebelumnya,” kata Fraser pada Rabu (22/3/2023) dalam sebuah wawancara dengan Co-Founder Carlyle Group Inc., David Rubenstein di acara Economic Club Washington.