Logo Bloomberg Technoz

Iran Pamer Senjata Baru, Klaim Bisa Hancurkan Jet Siluman AS

Redaksi
24 April 2024 19:20

Panas dengan Israel, Biaya Militer Iran Masih di Bawah Indonesia (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Panas dengan Israel, Biaya Militer Iran Masih di Bawah Indonesia (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Iran baru-baru ini memperkenalkan versi baru yang disempurnakan dari sistem pertahanan udara jarak jauh Bavar-373 yang diklaim oleh para pejabat Teheran dapat mencegat jet tempur siluman Amerika Serikat (AS).

Bavar-373 yang diproduksi di dalam negeri pertama kali digunakan oleh angkatan bersenjata Iran pada tahun 2019, dan kemampuannya telah menarik perbandingan dengan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh S-300 milik Rusia dan sistem rudal Patriot buatan AS.

Melansir NewsWeek, Rabu (24/4/2024), Iran meluncurkan iterasi terbaru dari Bavar-373 selama parade militer pada 17 April. Debut senjata ini terjadi ketika ketegangan antara Iran dan Israel terus berlanjut setelah Teheran merespons dugaan serangan Israel terhadap kedutaan besar Iran di Suriah dengan meluncurkan pesawat tak berawak dan rudal ke arah Israel pada 13 April dalam serangan yang sebagian besar berhasil digagalkan.

Dalam menggambarkan kehadiran Bavar-373 yang telah ditingkatkan dalam parade minggu lalu, outlet berita militer Special Operations Forces Report (SOFREP) menyebut sistem yang telah diperbarui ini sebagai "perkembangan signifikan bagi industri pertahanan Iran, yang menunjukkan kemandiriannya yang terus meningkat dan aspirasi untuk jaringan pertahanan udara yang lebih maju."

SOFREP mencatat bahwa para pejabat Iran telah membuat "klaim yang berani" tentang Bavar-373 yang baru, termasuk bahwa sistem itu sekarang "menyamai atau bahkan melampaui" kemampuan sistem rudal S-400 Rusia yang canggih.