Logo Bloomberg Technoz

AS Kaji Jamin 100% Dana Nasabah Jika Krisis Perbankan Berlanjut

News
21 March 2023 09:26

FDIC (Bloomberg)
FDIC (Bloomberg)

Saleha Mohsin and Sridhar Natarajan - Bloomberg News

Bloomberg - Para pejabat Amerika Serikat (AS) sedang mempelajari kemungkinan Federal Deposit Insurance Corp. (FDIC) untuk menjamin semua simpanan nasabah bank sementara waktu. Ini sebagai cara untuk mengantisipasi jika krisis perbankan berlanjut di negeri tersebut, usai penutupan Signature Bank, Silicon Valley Bank (SVB), dan Silvergate Capital.

Beberapa sumber Bloomberg News mengungkapkan staf Departemen Keuangan sedang mengkaji apakah FDIC memiliki wewenang darurat yang cukup untuk menjamin simpanan nasabah di atas batas penjaminan tanpa perlu persetujuan dari Kongres, yang suaranya terpecah.

Ini sebagai langkah berjaga-jaga bila siatuasi memburuk. Saat ini FDIC hanya menjamin simpanan nasabah hingga US$ 250.000 atau setara Rp  3,84 miliar.

Meski begitu pihak berwenang belum melihat langkah seperti itu sebagai hal yang diperlukan, terutama setelah regulator mengambil kebijakan untuk membantu bank-bank memenuhi permintaan penarikan dana, kata sumber anonim itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena pembicaraan bersifat rahasia.

Signature Bank ditutup bulan ini setelah terjadi penarikan dana besar-besaran dari nasabahnya (Sumber: Bloomberg)