Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Ibu Hendak Melahirkan di Kereta Bekasi—Cepu Saat Mudik

Dovana Hasiana
11 April 2024 11:00

Ilustrasi bayi. (Envato/gstockstudio)
Ilustrasi bayi. (Envato/gstockstudio)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Api indonesia (KAI) menjelaskan kronologi pertolongan yang diberikan terhadap ibu hamil yang kedapatan akan melahirkan saat perjalanan kereta api.

Menurut informasi dari Pusat Pengendali Pelayanan KAI, penumpang kereta api atas nama Meliana yang sedang hamil didampingi oleh sang suami ingin mudik menggunakan KA Sembrani dengan relasi Bekasi—Cepu.

Namun, saat perjalanan menjelang Stasiun Tegal, Meliana merasakan sakit pada perutnya. Saat itu, dirinya tengah berada di bordes antara eksekutif 4 dan 5.

Beruntung terdapat penumpang lain yang berprofesi dokter anak di Rumah Sakit (RS) Kariadi Semarang bernama Rina Pratiwi dan bidan Puskesmas Senen Jakarta bernama Feni Wulandari. 

Selanjutnya, Kondektur KA Sembrani melaporkan kejadian tersebut ke Pusat Pengendali Pelayanan untuk dikoordinasikan dengan petugas terkait di antaranya Pusat Pengendali Operasi Kereta Api (Pusdalopka) 4 Semarang dan Posko Kesehatan Tegal agar segera dilakukan pertolongan tindak lanjut.