Logo Bloomberg Technoz

Viral Bumi Terancam Disedot Lubang Hitam, Ini Faktanya

Redaksi
09 April 2024 14:30

Lubang Hitam atau Black Hole. (Dok: Space.com)
Lubang Hitam atau Black Hole. (Dok: Space.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lubang hitam atau black hole kerap menjadi misteri, bahkan dikatakan bisa menyedot planet bumi. Apa sebetulnya lubang hitam itu sendiri?

Para ilmuwan menyebut adalah lubang hitam ‘The balck hole’ sebagai sebuah raksasa lembut dan tersembunyi dari pusat galaksi Bima Sakti (Milky Way).

Tepat dua tahun lalu mereka menyampaikan pandangan untuk pertama kali, hasil kolaborasi dari  Event Horizon Telescope (EHT) yang sama yang pada tahun 2019 meluncurkan foto lubang hitam pertama — The black hole yang berada di jantung galaksi yang berbeda, dilansir dari Reuters.

Dengan lubang hitam bernama Sagittarius A*, atau Sgr A, dengan supermasif menarik semua materi yang mengelilingi di dalam gravitasinya. Terdapat medan magnetik yang tersusun rapi dan memiliki kemiripan dengan medan magnetik yang mengelilingi lubang hitam supermasif di pusat galaksi M87.

Hal ini cukup mengejutkan karena Sgr A* memiliki massa sekitar 4,3 juta kali massa matahari, tapi M87* jauh lebih dahsyat, dengan massa yang setara dengan 6,5 milyar massa matahari.

Lubang Hitam atau Black Hole. (Dok:EarthSky)