Logo Bloomberg Technoz

Apa yang Spesial di Gerhana Matahari 8 April 2024?

Redaksi
08 April 2024 13:09

Mengamati Gerhana secara langsung. (Dok: Jordan Vonderhaar/Bloomberg)
Mengamati Gerhana secara langsung. (Dok: Jordan Vonderhaar/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gerhana Matahari Total (GMT) akan mulai terjadi pada siang hari di wilayah selatan Pantai Meksiko menuju Amerika Serikat (AS), Kanada, hingga wilayah Arktik di Kutub Utara. Gerhana Matahari pada 8 April 2024 spesial karena beberapa faktor berikut.

Gerhana Matahari kali ini akan berlangsung hampir dua kali lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari total yang terjadi dari pantai ke pantai di AS pada 2017.

Gerhana Matahari terjadi saat pusat tata surya sedang ada di puncak siklus. hal yang menyebabkan gelombang medan magnet yang semakin kuat sehingga menghasilkan bintik di Matahari.

Peneliti tengah menantikan fenomena alam ini karena ingin melihat 'ledakan' yang ada di atmosfer atau tepi Matahari.  Ledakan akan semakin terlihat karena penduduk Bumi akan mendapati Matahari yang seolah berbentuk cincin karena pertemuan orbit sebidang dengan Bulan.

Ilmuwan fisika dari  National Solar Observatory di Boulder, Colorado, Ryan French menyebut bahkan ada potensi tampak struktur spiral berputar tinggi di atmosfer Matahari.