Logo Bloomberg Technoz

Jadi Tersangka, Kenapa Rompi Tahanan Harvey Moeis Cs Warna Pink

Pramesti Regita Cindy
07 April 2024 18:30

Kejagung menetapkan pengusaha Harvey Moeis sebagai tersangka korupsi tata niaga komoditas PT Timah Tbk (TIMS), Rabu (27/3/2024). (Dok. Humas Kejagung)
Kejagung menetapkan pengusaha Harvey Moeis sebagai tersangka korupsi tata niaga komoditas PT Timah Tbk (TIMS), Rabu (27/3/2024). (Dok. Humas Kejagung)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penanganan kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah pada wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk (TINS) periode 2015-2022 oleh kejaksaan agung mendapat perhatian. Terutama usai korps adhyaksa tersebut menetapkan suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis sebagai salah satu tersangka pada kasus yang awalnya disebut merugikan negara hingga Rp271 triliun.

Selain nama Harvey, perkara ini mulai menyita perhatian usai penyidik menetapkan tersangka ke-15 yaitu seorang pesohor di media sosial yang dikenal dengan julukan crazy rich PIK yaitu Helena Lim.

Kasus ini menjadi pembicaraan pada masyarakat mulai dari nama-nama yang terseret hingga besaran perkiraan kerugian negara. Selain itu, masyarakat juga menyoroti warna rompi tahanan yang dikenakan Harvey Moeis cs.

Sebanyak 16 tersangka dalam kasus ini nampak mengenakan rompi berwarna pink usai ditetapkan menjadi tersangka dan dibawa menuju tahanan. Warna rompi ini berbeda dengan para tersangka kasus pidana yang biasa ditangani Kepolisian atau pun Komisi Pemberantasan Korupsi. 

Biasanya, para tersangka dari dua lembaga penegak hukum tersebut mengenakan rompi tahanan berwarna jingga atau oranye. Kenapa tersangka korupsi di Kejaksaan memakai rompi warna pink?

Helena Lim saat memakai jaket tersangka. (Sumber: Dok. Kejagung)