Logo Bloomberg Technoz

Menteri ESDM Bicara Soal Rupiah Melemah & Harga Minyak Naik

Dovana Hasiana
05 April 2024 15:00

Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. Tangkapan Layar Youtube Kemeko Ekonomi RI).
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. Tangkapan Layar Youtube Kemeko Ekonomi RI).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan ketahanan energi merupakan hal yang utama, terlepas dari adanya pelemahan rupiah dan kenaikan minyak dunia yang akhir-akhir ini terjadi.

Adapun, institusinya memang mengantisipasi kenaikan subsidi dan kompensasi untuk bahan bakar minyak (BBM). Namun, ketahanan energi dinilai yang utama.

“Ya kita harus antisipasi kenaikan subsidi sama kompensasi ya. Harus diantisipasi. Namun yang pertama energinya cukup dulu-lah. Jangan sampai kurang,” ujar Arifin saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).

Selain itu, Arifin memastikan penahanan kenaikan harga BBM hingga Juni 2024 masih bakal dilakukan. Namun, pemerintah tentu bakal melihat perkembangan rupiah hingga minyak dunia.

Harga minyak brent. (Sumber: Bloomberg)

Sejalan dengan itu, pemerintah juga bakal melakukan langkah-langkah efisiensi agar penyaluran BBM bisa tepat sasaran, salah satunya melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak yang tengah direvisi.