Logo Bloomberg Technoz

Gempa Taiwan dan Kerawanan Pasokan Cip AI

Redaksi
05 April 2024 05:50

Efek gempa di Hualien Taiwan (Dok. Bloomberg)
Efek gempa di Hualien Taiwan (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebuah pulau di tenggara China, Taiwan menjadi jantung dari industri semikonduktor atau cip dunia. Bahkan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co  (TSMC) merupakan sumber 80%—90% highest-end chips. Tidak ada penggantinya.

Maka saat terjadi gangguan produksi di Taiwan—yang mungkin karena gempa, seperti yang terjadi pada pekan ini—menjadi sebuah potensi kegagalan tunggal di industri semikonduktor menurut Stiftung Neue Verantwortung, sebuah lembaga Think Tank asal Berlin, Jerman.

Para pemimpin industri teknologi cip dan pusat data AI telah memperingatkan keterbatasan pasokan, itu pun dengan kondisi tanpa terjadinya gempa. Gangguan produksi sebentar saja, mempengaruhi pasokan highest-end chips.

Banyak hal akan bergantung pada pabrik mana yang telah dievakuasi oleh perusahaan dan seberapa cepat mereka dapat melanjutkan operasi normal.

Dampak apa pun pada infrastruktur logistik dan listrik Taiwan juga akan memengaruhi pengiriman chip terbaru. Diketahui pesanan AI dari Nvidia kini masuk TSMC.

Semua Terkonsentrasi di Taiwan