Logo Bloomberg Technoz

AS Minta Korsel Perketat Kontrol Ekspor atas Cip China

News
02 April 2024 20:20

Ilustrasi Chip (Bloomberg)
Ilustrasi Chip (Bloomberg)

Mackenzie Hawkins dan Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat meminta Korea Selatan untuk mengadopsi pembatasan ekspor teknologi semikonduktor ke China yang serupa dengan yang telah diterapkan Washington, sebuah tanda lain bahwa pemerintahan Biden sedang meningkatkan upaya untuk menggagalkan ambisi cip Beijing.

Para pejabat Amerika ingin Korea Selatan membatasi aliran peralatan dan teknologi untuk membuat cip logika dan memori kelas atas ke China, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. Hal itu termasuk cip logika yang lebih canggih dari 14-nanometer dan jenis memori yang disebut DRAM di atas 18nm, kata salah satu orang, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi tersebut bersifat pribadi. Hal itu akan konsisten dengan serangkaian tindakan yang pertama kali diumumkan oleh Departemen Perdagangan AS pada tahun 2022.

Para pejabat Amerika membahas masalah ini secara mendalam dengan pemerintah Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada Maret, kata orang-orang tersebut. Sementara AS berusaha mencapai kesepakatan sebelum KTT G7 pada pertengahan Juni, para pejabat Seoul memperdebatkan apakah akan memenuhi permintaan AS, sebagian karena China tetap menjadi mitra dagang utama.

Permintaan Washington terhadap Korea Selatan belum dirinci sebelumnya. Hal ini muncul di atas dorongan baru AS untuk membuat sekutu-sekutunya membatasi servis peralatan semikonduktor untuk perusahaan-perusahaan China dan membatasi ekspor suku cadang dan bahan kimia cip ke China.