Logo Bloomberg Technoz

Kejadian Gempa Taiwan Bisa ‘Goyang’ Industri Cip & AI Dunia

Redaksi
04 April 2024 16:40

Efek gempa di Hualien Taiwan (Dok. Bloomberg)
Efek gempa di Hualien Taiwan (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setiap gempa tektonik dalam skala besar di Taiwan berpeluang ‘menggoyang’ industri semikonduktor dan kecerdasan buatan (AI) dunia, pasalnya pulau ini dominan sebagai penyuplai cip kelas atas.

80%–90% highest-end chips yang diperlukan menjalankan perangkat seperti smartphone dan kecerdasan buatan (AI) berasal dari Taiwan, dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co menjadi pemain utama di industri itu.

Perusahaan-perusahaan yang  memproduksi semikonduktor telah menjelma menjadi salah satu kekuatan ekonomi Taiwan, dimana produknya menjadi bagian penting dari berbagai perangkat, termasuk smartphone, kendaraan listrik, hingga kebutuhan pusat data AI.

Analis Bum Ki Son dan Brian Tan di Barclays menjelaskan bahwa setiap potensi gempa bumi yang membawa dampak kerusakan fisik, dapat mengancam gangguan proses produksi  selama berminggu-minggu.

“Beberapa cip kelas atas membutuhkan operasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu dalam keadaan vakum selama beberapa minggu. Penghentian operasi di kawasan industri utara Taiwan dapat berarti beberapa cip kelas atas yang sedang dalam proses produksi dapat rusak,” tulis kedua analis tersebut.

Taiwan Penting Bagi Industri Teknologi