Logo Bloomberg Technoz

Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg telah menuduh pengusaha real estat itu memalsukan puluhan catatan bisnis untuk menyembunyikan pembayaran kepada bintang porno Stormy Daniels sebelum pemilu 2016, agar para pemilih tidak mendengarkan klaimnya tentang hubungan gelap mereka satu dekade sebelumnya. Seleksi juri dijadwalkan dimulai pada 15 April.

Jaksa mengklaim Trump melancarkan "kampanye tekanan" pada 2018 untuk memastikan bahwa mantan pengacaranya, Michael Cohen, tidak bekerja sama dengan penyelidikan federal tentang pembayaran uang tutup mulut. Cohen, yang telah mengaku bersalah atas pelanggaran undang-undang kampanye, diharapkan menjadi saksi kunci melawan mantan bosnya.

'Tindakan Kepresidenan'

Trump, yang sedang berkampanye untuk kembali ke Gedung Putih dalam pemilu tahun ini, pada 7 Maret meminta Merchan untuk menunda sidang hingga Mahkamah Agung memutuskan argumennya tentang kekebalan hukum dalam kasus federal terpisah di Washington atas dugaan mencoba mengganggu pemilu 2020. Hakim mendengarkan argumen dalam kasus itu pada 25 April, tetapi mungkin tidak mengambil keputusan hingga Juni. Mantan presiden juga meminta Merchan untuk melarang bukti berupa komentar yang dia buat selama menjabat sebagai presiden, dengan alasan bahwa komentar itu dibuat dalam kapasitas resmi.

Bragg telah berpendapat bahwa klaim kekebalan hukum presiden yang diajukan Trump harus ditolak karena mantan presiden tersebut gagal memberikan otoritas hukum apa pun untuk mendukung klaimnya bahwa kejahatan negara yang dituduhkan kepadanya adalah "tindakan kepresidenan." Trump dihadapkan pada 34 tuduhan pidana karena memalsukan catatan bisnis.

Dalam putusannya, Merchan mengatakan Trump memiliki "pemberitahuan yang cukup" untuk mengajukan permintaan kekebalan hukum. Namun dia harus menunggu hingga 7 Maret, hanya beberapa minggu sebelum sidang yang awalnya dijadwalkan dimulai pada 25 Maret. Para pengacara Trump meminta agar sidang di New York ditunda hingga Mahkamah Agung memutuskan dalam kasus pemalsuan pemilu federal yang terpisah di Washington.

Trump "gagal menjelaskan mengapa terdakwa menunggu begitu lama" untuk mengajukan argumen itu, kata hakim. Dakwaan Bragg dibuka pada 4 April 2023.

Trump juga terlambat mengemukakan argumen kekebalan hukum presiden dalam gugatan pencemaran nama yang diajukan terhadapnya pada 2019 oleh penulis E. Jean Carroll. Hakim dalam kasus itu mengizinkan klaim Carroll untuk disidangkan setelah Trump dengan terlambat berargumen bahwa dia kebal karena komentarnya terkait dengan pernyataan yang dia buat dari Gedung Putih.

(bbn)

No more pages