Logo Bloomberg Technoz

“Kami berharap untuk melihat lebih banyak aktivitas penerimaan deposito global oleh emiten-emiten Taiwan,” tambahnya.

Indeks Taiwan Stock Exchange Weighted telah meningkat sekitar 13% tahun ini. Indeks ini diperdagangkan mendekati rekor tertinggi dan mengungguli sebagian besar indeks sejenis di Asia Pasifik, sebagian besar didorong oleh keuntungan dari saham-saham semikonduktor dan cip.

Hal ini membuka peluang untuk penjualan ekuitas oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Taipei dan para pemegang sahamnya. Emiten dan pemegang saham ingin mendapat untung dari reli yang dipicu oleh tingginya permintaan untuk teknologi kecerdasan buatan. 

Pada hari Rabu, seorang pemegang saham Quanta Computer Inc berusaha untuk mengumpulkan dana sebesar US$179 juta melalui penjualan saham deposito global.

Bulan lalu, produsen semikonduktor Globalwafers Co berhasil mengumpulkan dana sebesar US$689 juta melalui penawaran yang juga dilakukan di pasar Eropa. Pada bulan Januari, Alchip Technologies Ltd mengumpulkan US$413 juta melalui transaksi serupa.

Lebih banyak penempatan juga diperkirakan akan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Korea Selatan pada kuartal ini, kata Raman dari Citi.

Regulator mengejutkan dana global pada bulan November dengan menangguhkan short-selling hingga Juni, sebuah langkah yang disambut baik oleh Presiden Yoon Suk Yeol dan para investor individu menjelang pemilihan parlemen tahun ini.

“Kami masih melihat minat yang baik dari pihak asing meskipun ada larangan short sale,” kata Raman. Berakhirnya larangan ini “tentu saja akan membantu mendorong lebih banyak aktivitas yang terkait dengan ekuitas di pasar.”.

Pasar lain yang tetap sibuk adalah India, di mana penjualan saham tambahan mendominasi pasar dalam tiga bulan pertama tahun ini. Dengan adanya koreksi baru-baru ini pada saham-saham berkapitalisasi menengah dan kecil, “telah terjadi pelarian ke saham-saham berkualitas. Kita akan melihat hal ini terus berlanjut,” tambah Raman.

(bbn)

No more pages