Logo Bloomberg Technoz

Sejumlah saham-saham sektor keuangan yang menjadi pendorong pelemahan IHSG ialah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang anjlok 4,22%, saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang terkoreksi 3,98% dan saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTPN) turun 3,04%.

Saham perbankan unggulan jatuh semakin dalam pasca Otoritas Jasa Keuangan resmi mengakhiri kebijakan stimulus restrukturisasi kredit perbankan untuk dampak Covid-19, di Maret 2024.

Adapun hasil survei OJK menunjukkan terdapat potensi peningkatan rasio kredit bermasalah atau Non-Performing Loan setelah kebijakan berakhir.

Dalam Survei Orientasi Bisnis Perbankan OJK (SBPO) Triwulan I 2024 yang melibatkan 100 responden dari berbagai bank, mayoritas responden meyakini risiko perbankan pada kuartal ini masih terjaga dan terkendali. Ini tercermin dari Indeks Persepsi Risiko (IPR) sebesar 53 atau masih berada di zona optimistis, meskipun menurun dibanding kuartal sebelumnya sebesar 58.

“Namun demikian, masih terdapat potensi peningkatan NPL yang berasal dari pemburukan kredit restrukturisasi Kol 1 dan Kol 2, seiring berakhirnya kebijakan restrukturisasi secara keseluruhan pada Maret 2024,” tulis survei SBPO Triwulan I 2024.

Merespons hal tersebut, Analis Bloomberg Intelligence Sarah Jane Mahmud dalam catatannya menilai, sektoral perbankan Indonesia mungkin terlihat akan sedikit tergelincir dari sisi kualitas asetnya.

“Melihat sisi kualitas aset akan sedikit terjadi penurunan, dengan kebijakan restrukturisasi pinjaman yang telah berakhir pada 31 Maret dan diperburuk oleh inflasi, yang menanjak hingga di atas 3% bulan lalu karena permintaan pangan yang lebih tinggi. Rasio kredit bermasalah di seluruh sistem negara itu bisa tergelincir dari 2,2% yang dilaporkan pada bulan Desember” terang Sarah, Senin kemarin.

Senada, saham infrastruktur juga anjlok dan jadi pemberat, PT Meta Epsi Tbk (MTPS) drop 16,7%, PT Lancartama Sejati Tbk (TAMA) melemah 14,2%. PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) terkontraksi 3,11%.

Kinerja bursa di Asia siang hari ini bergerak bervariasi. Indeks Kospi menguat 0,16%, indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 2,28%, indeks Nikkei 225 melemah 0,02%, indeks Shanghai terdepresiasi 0,18% dan indeks Strait Times Singapore menguat 0,25%.

(fad)

No more pages