Logo Bloomberg Technoz

Tim Hukum Anies-Muhaimin Ungkap 10 Saksinya Mundur karena Takut

Muhammad Fikri
01 April 2024 17:30

Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar usai sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar usai sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Tim Hukum Anies-Muhaimin, Ari Yusuf Amir mengatakan, terdapat 10 saksi yang disiapkan timnya namun mengundurkan diri dan menolak hadir dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini.

“Sebagai info, ada 10 saksi kita yang mengundurkan diri,” kata Ari kepada wartawan, Senin (1/4/2024).

Secara rinci, menurut dia, sebanyak lima saksi yang mengundurkan diri sebelum sidang PHPU dimulai. Sedangkan, lima saksi lainnya mengundurkan diri usai MK membuka sidang PHPU hasil Pilpres 2024, pekan lalu.

Lima saksi yang mengundurkan diri sebelum pelaksanaan sidang PHPU terdiri dari beberapa kepala desa, petugas pemilu, dan aparatur sipil negara di wilayah Jawa Tengah.

Sedangkan, saksi yang mengundurkan diri ketika sidang PHPU tengah bergulir adalah ASN asal Provinsi Riau yang khawatir akan dipecat; seorang kepala desa di Sulawesi yang khawatir jabatannya akan diusut; dan tiga saksi asal Jawa Timur yang mundur usai mendapatkan intimidasi.

Pengacara Anies-Muhaimin, Bambang Widjojanto saat Sidang PHPU Pilpres 2024 di Gedung MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)