Logo Bloomberg Technoz

Siapa yang Usulkan Proyek PIK dan BSD Jadi PSN? Ini Jawabannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 March 2024 11:40

Pengerjaan infrastruktur jalan tol ruas Jakarta-Serpong. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)
Pengerjaan infrastruktur jalan tol ruas Jakarta-Serpong. (Dok Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menetapkan 14 proyek masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) baru pada 2024.

Penetapan 14 PSN baru dilakukan di sejumlah daerah yakni, di Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Ini mencakup pengembangan di berbagai sektor, 14 PSN baru tersebut terdiri dari 8 Kawasan Industri, 2 Kawasan Pariwisata, 2 Jalan Tol, 1 Kawasan Pendidikan, Riset dan Teknologi, Kesehatan, serta 1 Proyek Migas Lepas Pantai.

Salah satu PSN baru yang tengah menjadi sorotan adalah proyek Green Area dan Eco-City di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 dan proyek Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai (BSD). Siapa yang mengusulkan proyek-proyek ini untuk pertama kalinya?

Mengenai pengusulan PSN, Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Haryo Limanseto menjelaskan semua pihak boleh mengusulkan melalui Kementerian/Lembaga, dan BUMN/BUMD yang bersifat dari bawah atau bottom-up.

"Tidak semua usulan proyek infrastruktur dapat langsung disetujui menjadi PSN. Semua usulan selanjutnya akan dikaji dan dianalisis lebih lanjut oleh KPPIP (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas)," kata Haryo dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (28/3/2024).