Logo Bloomberg Technoz

PIK & BSD Jadi PSN Disebut Proyek Balas Budi, Ini Kata Pemerintah

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 March 2024 10:21

Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para Menteri Kabinet sepakat menetapkan 14 proyek masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) baru pada 2024. 

Salah satu PSN baru yang tengah menjadi perbincangan khalayak adalah proyek Green Area dan Eco-City di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 yang dikembangkan oleh Agung Sedayu Group milik Sugianto Kusuma atau Aguan. Selain itu, terdapat pula proyek Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai (BSD) yang dikembangkan oleh Grup Sinar Mas.

Direktur Kebijakan Publik Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Media Wahyudi Askar menilai kebijakan tersebut merupakan bentuk proyek balas budi yang dilakukan pemerintah terhadap investor yang selama ini mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Sinar Mas dan Aguan jelas mendapatkan manfaat langsung dari penetapan PIK dan BSD sebagai PSN, mulai dari kenaikan saham hingga perizinan," ujar Wahyudi kepada Bloomberg Technoz, Rabu (27/3/2024).

Dia mengatakan oligarki ekonomi dan tukar guling proyek seperti ini sangat berbahaya, karena rentan mal-administrasi dan tindak korupsi. Meskipun proyek ini tidak dibiayai langsung oleh anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), menurut dia, tapi penunjukan proyek untuk kepentingan kelompok tertentu jelas merusak pondasi ekonomi yang ada.