Logo Bloomberg Technoz

BKPM Bocorkan Insentif yang Dikantongi BSD Sebagai PSN

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 March 2024 09:53

Ilustrasi properti Bumi Serpong Damai (Dok BSD CIty)
Ilustrasi properti Bumi Serpong Damai (Dok BSD CIty)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Investasi/BKPM memaparkan sederet kemudahan yang bisa didapat oleh pelaksana proyek Bumi Serpong Damai (BSD) yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan  menjelaskan beberapa kemudahan yang bisa didapatkan BSD. Pertama, kemudahan berbentuk percepatan perizinan yang diajukan, termasuk percepatan proses pengalihan status lahan, hingga ke level percepatan perubahan RT/RW.

Sedangkan, dari segi pendanaan Nurul mengatakan pemerintah bisa saja turut berkontribusi melakukan pendanaan terhadap PSN BSD, namun ia menilai hal ini tidak diperlukan.

“Tapi kalau BSD saya lihat dia bisa melakukannya sendiri,” ujar Nurul saat ditemui wartawan, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

Ia juga menjelaskan skema pendanaan yang dapat dilakukan pemerintah jika memang ingin berkontribusi terhadap pembangunan PSN BSD, yakni skema blended financing. Skema tersebut dapat menggabungkan beberapa sumber pendanaan dalam satu proyek.