Logo Bloomberg Technoz

Selera investasi para pemodal nonresiden yang semakin susut itu juga terlihat dalam ajang lelang SUN yang digelar kemarin oleh pemerintah. Nilai permintaan yang masuk (incoming bids) dalam lelang hanya tercatat sebesar Rp32,34 triliun, terendah sejak Oktober tahun lalu. Sementara pemodal asing hanya membukukan permintaan tak sampai 10%, persentase terendah sejak akhir tahun.

Anjloknya minat asing berinvestasi di aset-aset pasar keuangan Indonesia berlangsung sejurus dengan kenaikan premi risiko investasi RI. Credit Default Swap (CDS) 5 tahun Indonesia naik ke 72,34, posisi tertinggi sejak pengumuman hasil Pemilu dan Pilpres pada 20 Maret lalu. Sedangkan CDS 10 tahun, bahkan menyentuh level tertinggi sejak 14 Februari, di 125,34. 

"Ini adalah masa kritis bagi rupiah akibat aksi jual baik di pasar SBN maupun saham, di mana secara kumulatif outflow dari bursa saham week to date sudah mencapai US$100,06 juta," kata tim Macroeconomic Research Mega Capital Sekuritas Lionel Prayadi dan Nanda Puput.

Tekanan jual diprediksi masih akan berlanjut hari ini dan akan membawa rupiah berpotensi menuju Rp15.950/US$ pada hari ini. 

(rui)

No more pages