Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Pusat Kreatif di Papua

Elisa Valenta
21 March 2023 12:29

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Papua Youth Creative Hub (Dok. Tangkapan layar Youtube)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Papua Youth Creative Hub (Dok. Tangkapan layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Papua dengan meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Selasa (21/3/2023).

Jokowi meminta anak-anak muda Papua tidak hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Jokowi berkata Papua memiliki sekitar 2,6 juta anak muda. Ia ingin anak-anak muda Papua memilih profesi yang beragam.

"Ini memerlukan wadah kesempatan kerja, memerlukan peluang kerja dan jangan pikir kita semua jadi PNS," kata Jokowi dalam peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Selasa (21/3).

Jokowi juga mengungkapkan pada tahun 2035 Indonesia akan mengalami bonus demografi, di mana sebagian besar penduduk berusia produktif. Termasuk di Papua diperkirakan akan muncul 2,6 juta atau kurang lebih 60% anak muda produktif. Sehingga membutuhkan wadah untuk kesempatan hingga peluang bekerja.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku senang melihat beberapa anak Papua mulai menjelajahi profesi kreatif. Ada pemuda Papua yang berprofesi sebagai fotografer hingga tata busana. Ia berharap Papua Youth Creative Hub menjadi sarana anak muda Papua untuk melakukan hal itu dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.