Logo Bloomberg Technoz

Konsensus yang muncul: Ini akan menjadi titik tersendatnya logistik untuk sementara waktu, tetapi yang terlokalisasi dan tidak akan menggagalkan ekonomi AS yang solid, dengan perusahaan-perusahaan yang mampu beradaptasi.

Produsen mobil Eropa termasuk BMW AG, Volkswagen AG, dan Mercedes-Benz Group AG memiliki fasilitas di dalam dan di sekitar pelabuhan untuk menangani pengiriman kendaraan. Ford Motor Co mengatakan bahwa mereka sudah mencoba mencari rute alternatif, seperti halnya General Motors Co.

'Solusi' Ford

"Ini adalah pelabuhan besar dengan banyak arus yang melaluinya, jadi ini akan berdampak," kata John Lawler, kepala keuangan Ford, kepada Bloomberg TV. "Kami akan mencari solusinya. Kami harus mengalihkan sebagian ke pelabuhan lain di sepanjang Pantai Timur atau tempat lain di negara ini."

Baltimore (Dok: Bloomberg)

Menurut Dean Croke, analis industri utama di DAT Freight & Analytics, Baltimore adalah salah satu pintu gerbang terkemuka di negara ini untuk peralatan pertanian dan mesin konstruksi seperti traktor, traktor, baler jerami, ekskavator, dan backhoe.

Maret "merupakan bulan puncak impor di Baltimore untuk peralatan pertanian menjelang musim tanam di Midwest," ujar Croke. Baltimore juga merupakan pelabuhan utama untuk bahan konstruksi seperti kayu dan gipsum, katanya.

Everstream Analytics, sebuah perusahaan penilai risiko rantai pasokan, mengatakan bahwa pelabuhan ini juga merupakan pusat penting untuk barang-barang seperti baja, aluminium, dan gula, dengan sekitar 30 hingga 40 pengangkut peti kemas singgah di sana setiap minggunya.

Pengangkutan hingga 2,5 juta ton batu bara dapat diblokir, menurut Xcoal Energy & Resources LLC.

A.P. Moller-Maersk A/S, perusahaan pelayaran No. 2 di dunia--yang telah menyewa kapal yang terlibat dalam bencana jembatan dari operator lain--tidak lagi melayani Baltimore dalam semua layanannya di masa mendatang.

Berikut ini adalah beberapa perspektif awal lebih lanjut dari para ahli logistik:

  • "Hal ini akan mengganggu jadwal kapal dan membebani tenaga kerja serta kapasitas penanganan di pelabuhan lain seperti Philadelphia dan Norfolk--yang menyebabkan kemacetan dan penundaan yang dapat berlangsung berbulan-bulan," kata Mirko Woitzik, direktur solusi intelijen Everstream.
  • "Hal ini rata-rata akan menyebabkan peningkatan volume sebesar 10%" di pelabuhan New York-New Jersey dan Port of Virginia di Norfolk, kata Lars Jensen, pendiri Vespucci Maritime. Hal ini juga akan "menimbulkan beberapa elemen kemacetan dan kenaikan biaya--tetapi sebagian besar masih dapat dikelola."
  • Pelabuhan-pelabuhan sejauh Savannah, Georgia, dan Charleston, Carolina Selatan, mungkin juga akan terkena dampaknya, kata Mike DeAngelis dari FourKites Inc, sebuah platform visibilitas rantai pasokan. "Hal ini pasti akan berdampak pada arus kargo dan infrastruktur di Pantai Timur AS."

Bencana pada Selasa terjadi dengan latar belakang sistem logistik global yang telah menghadapi tekanan yang signifikan dari dinamika termasuk perang dan kondisi iklim.

"Layanan angkutan laut dari Timur Jauh ke Pantai Timur AS telah terdampak oleh kekeringan di Terusan Panama dan konflik baru-baru ini di Laut Merah," Emily Stausbøll, seorang analis di perusahaan analisis pelayaran yang berbasis di Oslo, Xeneta, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Faktor-faktor tersebut telah menyebabkan kenaikan harga sebesar 150%, dan sekarang "insiden terbaru ini akan menambah kekhawatiran tersebut," katanya.

Perkiraan awal dari para ekonom adalah bahwa dampak dari bencana ini akan terbatas.

  • "Saya memperkirakan konsekuensi makroekonomi akan terbatas," meskipun hal ini perlu dipantau secara ketat, kata Gregory Daco, kepala ekonom di EY.
  • "Dampak ekonomi yang lebih besar adalah gangguan pada lalu lintas di sekitar wilayah Baltimore untuk waktu yang lama hingga jembatan dapat dibangun kembali," kata Stephen Stanley, kepala ekonom di Santander US Capital Markets LLC.
  • Meskipun dampak ekonomi yang lebih luas akan terbatas, hal ini "hanyalah pengingat akan kerentanan infrastruktur dan rantai pasokan negara ini," kata Kepala Ekonom Moody's Analytics, Mark Zandi.

Dengan runtuhnya Interstate 695, I-95 atau I-895 akan mengalami lalu lintas yang lebih tinggi di masa mendatang, kata Oxford Economics.

Mengenai berapa lama masa depan itu, Peterson di Flexport--yang memiliki dua kontainer di kapal yang menabrak jembatan dan beberapa ratus lainnya di kapal yang menuju ke Baltimore--mengatakan bahwa jadwal untuk pemulihan penuh adalah "mungkin berbulan-bulan."

"Namun, terkadang orang-orang ini membuat keajaiban," tambahnya.

(bbn)

No more pages