Logo Bloomberg Technoz

AS Setujui Dana Darurat Rp953 M untuk Perbaiki Jembatan Baltimore

News
29 March 2024 19:00

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Brendan Case dan Nacha Cattan - Bloomberg News

Bloomberg, Departemen Transportasi Amerika Serikat (AS) menyediakan dana darurat sebesar US$60 juta (Rp953 miliar) untuk pekerjaan perbaikan darurat setelah runtuhnya Jembatan Francis Scott Key di Baltimore minggu ini.

Dana tersebut akan menjadi "uang muka untuk biaya awal" sementara pemerintah negara bagian Maryland mengerjakan perbaikan darurat, desain, dan rekonstruksi jembatan, kata badan federal itu dalam sebuah pernyataan pada Kamis (28/03/2024). Dana tambahan akan tersedia seiring dengan berlanjutnya proyek.

"Dana darurat federal yang kami keluarkan hari ini akan membantu Maryland memulai pekerjaan mendesak, yang akan diikuti oleh sumber daya lebih lanjut seiring kemajuan upaya pemulihan dan pembangunan kembali," kata Menteri Transportasi Pete Buttigieg dalam pernyataannya.

Kapal kargo berbendera Singapura, Dali, sepanjang 300 meter yang membawa sekitar 4.700 peti kemas, menabrak jembatan itu pada 26 Maret setelah mengalami kehilangan tenaga penggerak. Tabrakan itu meruntuhkan seluruh struktur jembatan, menewaskan enam orang dan menutup salah satu pelabuhan tersibuk di Pantai Timur AS. Kecelakaan tersebut sedang dalam penyelidikan oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (National Transportation Safety Board/NTSB).