Logo Bloomberg Technoz

Tabrak Jembatan Baltimore, Pemilik Kapal Minta Kurangi Ganti Rugi

News
02 April 2024 06:21

Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)
Kapal kontainer Dali usai menabrak Jembatan Francis Scott Key di sungai Patapsco di Baltimore, Maryland, AS, Selasa (26/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Ethan M Steinberg dan Chris Dolmetsch - Bloomberg News

Bloomberg, Pemilik kapal yang menabrak jembatan Baltimore minggu lalu yang menewaskan enam pekerja dan mengacaukan jaringan transportasi timur AS, berusaha untuk membatasi biaya yang harus ia bayar sekitar US$43,7 juta (Rp697 miliar).

Seorang ahli hukum mengatakan, perusahaan kapal tersebut, Grace Ocean bisa menghadapi klaim kerusakan hingga ratusan juta dolar. 

Sehingga pada hari Senin, mereka mengajukan petisi bersama dengan Synergy Marine, yang mengoperasikan kapal kargo berbendera Singapura, Dali. Mereka mengklaim runtuhnya Jembatan Francis Scott Key “bukan karena kesalahan, kelalaian, atau kekurangan perawatan” dari perusahaan dan bahwa mereka tidak seharusnya bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dari bencana tersebut.

Namun, jika mereka diminta bertanggung jawab, perusahaan mengatakan seharusnya mereka tidak membayar ganti rugi melebihi nilai kapal dan kargo saat ini. Di mana menurut pengajuan di pengadilan federal di Maryland, setelah kecelakaan tersebut, nilai totalnya telah turun dari sebanyak US$90 juta menjadi US$43,670,000.