Logo Bloomberg Technoz

Viral Bensin Dioplos Air, Pertamina Segel SPBU Nakal

Dovana Hasiana
26 March 2024 16:52

Seorang petugas mengisi bahan bakar jerigen dengan solar di SPBU PT Pertamina di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan./Bolomberg-Dimas Ardian
Seorang petugas mengisi bahan bakar jerigen dengan solar di SPBU PT Pertamina di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan./Bolomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan didampingi Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo melakukan penyegelan dispenser Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang merugikan masyarakat hingga Rp2 miliar per tahun. 

Penyegelan itu dilakukan terhadap dispenser SPBU 34.41345 Jalan Tol Jakarta—Cikampek (Japek) Rest Area KM 42, Wanasari, Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat.

Adapun, pada pompa ukur BBM di SPBU diduga terpasang alat tambahan berupa switch atau jumper yang dapat memengaruhi hasil penakaran atau jumlah volume cairan bahan bakar minyak (BBM) yang diterima. 

Hal ini mengakibatkan kerugian pada masyarakat atau konsumen, di mana potensi kerugian mencapai Rp2 miliar per tahun. 

Zulhas, sapaan akrabnya, mengatakan pengamanan berupa penyegelan pada salah satu SPBU pada jalur mudik di wilayah Kabupaten Karawang karena berdasarkan hasil pengawasan diduga telah terjadi dugaan tindak pidana di bidang Metrologi Legal sebagaimana diatur pada UU No. 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.