Logo Bloomberg Technoz

Raksasa Teknologi Masih Kesulitan Wujudkan AI yang Sempurna

News
25 March 2024 12:25

iPhone. (Dok: Bloomberg)
iPhone. (Dok: Bloomberg)

Dian Bass dan Jackie Davalos - Bloomberg News

Bloomberg, Awal pekan ini, Microsoft Corp menunjuk pionir kecerdasan buatan Mustafa Suleyman sebagai kepala bisnis AI konsumen dan mempekerjakan sebagian besar staf dari perusahaan rintisan Inflection AI miliknya. Sehari sebelumnya, Bloomberg melaporkan bahwa Google milik Alphabet Inc sedang dalam pembicaraan untuk melisensikan mesin AI Gemini kepada Apple Inc.

Langkah-langkah ini menunjukkan bahwa meskipun telah menggelontorkan miliaran dolar AS untuk kemitraan, investasi, dan pengembangan produk, Microsoft dan Google masih berjuang untuk mencari cara untuk memanfaatkan kecerdasan buatan generatif.

Tidak ada perusahaan yang bergerak cukup cepat untuk menghasilkan produk konsumen yang menghasilkan pendapatan dan meraih pangsa pasar, dan, terlepas dari ukuran dan kekuatan mereka, mereka tetap rentan terhadap gangguan.

Bahkan ketika para insinyur bekerja keras untuk menyempurnakan model bahasa besar (large language models/LLM) yang mendasari teknologi ini, perusahaan-perusahaan tersebut membentuk aliansi dan menjelajahi dunia, mencari talenta dan perusahaan startup yang menjanjikan.

Mustafa Suleyman dari startup Inflection. (Dok: Stefan Wermuth/Bloomberg)