Logo Bloomberg Technoz

Meta hingga Microsoft Bersatu dengan Epic Games untuk Lawan Apple

News
21 March 2024 20:10

Apple App Store. (Dok Bloomberg)
Apple App Store. (Dok Bloomberg)

Emily Birnbaum - Bloomberg News

Bloomberg, Meta Platforms Inc, Microsoft Corp, X Corp dan Match Group Inc meminta hakim federal untuk menolak rencana Apple Inc dalam membuka App Store untuk opsi pembayaran eksternal.

Dalam pengajuan gabungan yang jarang terjadi, perusahaan-perusahaan tersebut mengatakan rencana Apple "tidak sesuai dengan isi maupun semangat" putusan 2021. Dalam putusan tersebut, pembuat iPhone itu melanggar undang-undang persaingan tidak sehat di California, dan memintanya mengizinkan pengembang aplikasi mengarahkan pengguna ke sistem pembayaran mereka sendiri.

Menggemakan argumen Epic Games Inc dalam pertarungan antimonopoli jangka panjang dengan Apple atas App Store, perusahaan-perusahaan itu mengatakan rencana Apple "memberlakukan batasan baru pada pengembang aplikasi yang memastikan persaingan harga yang dirancang oleh putusan pengadilan tidak akan pernah terwujud."

Pengajuan ini menandai serangan terbaru dalam perdebatan tentang kontrol ketat Apple atas platform aplikasinya, yang merupakan salah satu dari dua toko dominan dunia bersama Google Play milik Alphabet Inc. Pengadilan banding tahun lalu menguatkan keputusan pada 2021 oleh hakim pengadilan Oakland yang menyatakan model bisnis Apple melanggar hukum California dengan membatasi pengembang untuk mengomunikasikan sistem pembayaran alternatif mereka, yang pada akhirnya dapat menghemat biaya pengguna. Apple mengambil potongan dari setiap pembelian yang dilakukan di app store mereka.