Logo Bloomberg Technoz

Untuk menjadi yang terdepan dalam AI generatif, setiap raksasa teknologi harus mengumpulkan berbagai bahan—daya komputasi, model AI terbaik, produk yang dapat dipercaya dan mudah digunakan, serta cara-cara untuk menyampaikannya kepada orang-orang. 

Tidak ada satupun raksasa teknologi yang memiliki semua bahan tersebut. Google, yang pernah menjadi pelopor dalam LLM, terus merilis produk dengan kesalahan dan bias.

Microsoft memulai dengan akses eksklusif ke banyak model terobosan OpenAI, tetapi tidak pernah terampil dalam membangun produk konsumen yang menarik, selain video game.

Apple tertinggal jauh dalam hal kecerdasan buatan dan, untuk menopang kemampuannya di China, perusahaan ini sedang dalam pembicaraan eksplorasi dengan Baidu Inc untuk menggunakan teknologi AI perusahaan China tersebut pada perangkat-perangkat yang dijual di sana, demikian dilaporkan Wall Street Journal.

Sisi positifnya, Apple menjual ponsel pintar paling populer di dunia, dan App Store-nya berfungsi sebagai platform distribusi untuk jutaan aplikasi. Perusahaan ini berencana untuk mengumumkan strategi kembalinya AI pada bulan Juni.

“Bahkan perusahaan teknologi besar dan penyedia layanan cloud, dengan sumber daya mereka yang besar, tidak dapat berinovasi di seluruh ekosistem AI generatif sendirian,” kata Ido Caspi, analis riset di Global X ETFs.

“Perusahaan harus terus mencari talenta dan teknologi terbaik untuk mengisi kekosongan dalam portofolio mereka.”

Copilot, aplikasi pengembangan Microsoft. (Dok: Bloomberg)

Chief Executive Officer Microsoft, Satya Nadella, tidak puas dengan upaya timnya menciptakan produk konsumen, menurut dua orang yang mengetahui pemikirannya.

Selama setahun terakhir, perusahaan ini telah memasukkan AI ke dalam mesin pencari Bing, Windows, Office, dan produk lainnya-menciptakan berbagai asisten digital di bawah merek Copilot yang baru.

Meski begitu Bing hanya mendapatkan sedikit keuntungan melawan pemimpin pasar pencarian Google, dan produk lainnya masih dalam tahap pengembangan. Walau OpenAI telah memberikan Microsoft keuntungan sebagai penggerak pertama, startup ini berfokus pada teknologi yang mendasarinya, bukan mengembangkan produk untuk raksasa perangkat lunak tersebut.

Itulah mengapa Nadella merekrut Suleyman untuk menjadi wakil presiden eksekutif dan CEO Microsoft AI, bersama dengan salah satu pendiri Inflection AI, Karén Simonyan, yang akan menjadi kepala ilmuwan di unit baru ini.

Nadella menginginkan seseorang untuk menyatukan dan mengawasi pengembangan produk dan percaya bahwa ia menemukan orang tersebut dalam diri Suleyman.

Lewat Suleyman, ia menjalin hubungan yang erat selama percakapan tentang bagaimana AI dapat disesuaikan dengan masing-masing pengguna.

“Yang benar-benar kami coba lakukan adalah membuat pengalaman produk end-to-end yang sebenarnya, sehingga pengguna merasa ada interaksi percakapan yang mulus, lancar, dan seperti manusia,” kata Suleyman dalam sebuah wawancara pada hari Senin. 

Dia menyamakan pekerjaannya dengan memahat dan mengatakan “seni itu mengharuskan Anda untuk mengetahui titik terbaik kapan sebuah teknologi siap dan bagaimana cara menyempurnakan pengalaman sehingga memiliki esensi dan karakter yang akrab dan dapat diakses serta dipercaya.”

Chief Executive Officer (CEO) Microsoft Corp Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)

Nadella juga tahu bahwa karena AI akan mengubah industri secara menyeluruh, bahkan produk unggulan Microsoft pun tidak kebal terhadap disrupsi — entah itu dari perusahaan lain seperti Google atau perusahaan rintisan yang bahkan belum ditemukan.

“Bisnis-bisnis ini besar dan mereka semua akan kembali diadili, bukan?” Kata Nadella dalam sebuah wawancara. “Jadi, para petahana pun tidak bisa menerima begitu saja.”

Keyakinan Nadella terhadap Suleyman tidak dimiliki oleh semua orang. Selama bekerja di DeepMind Google, Suleyman tidak berfokus pada produk konsumen.

Di Inflection AI, ia mengawasi pengembangan chatbot bernama Pi yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna dengan cara yang lebih manusiawi dan suportif. Namun, meski berhasil menarik satu juta pengguna aktif setiap harinya, perusahaan startup ini tidak pernah menemukan bisnis.

Suleyman dituduh memperlakukan karyawan DeepMind dengan buruk. Ia mengakui telah melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa telah belajar dari pengalaman tersebut. Namun, masih belum jelas seberapa baik dia akan menyatu dengan tim Microsoft yang sudah ada.

Proposal pengajuan kemitraan antara Google dan Apple masih dalam tahap pengerjaan, jadi hanya ada sedikit informasi tentang bagaimana tepatnya kemitraan ini akan berjalan. Jika kesepakatan ini lancar, maka asumsinya hal ini dapat membantu masing-masing perusahaan pada AI.

Sejak awal tahun lalu, Apple telah menguji large language modelsmiliknya yang diberi kode nama Ajax, menurut orang-orang yang mengetahui situasi ini, dan karyawan telah mencoba chatbot “Apple GPT”.

Namun teknologi Apple tetap kalah dengan alat dari Google dan saingan lainnya, menurut orang-orang tersebut, membuat kemitraan terlihat seperti pilihan yang lebih baik. Apple pada akhirnya dapat bekerja sama dengan perusahaan lain, termasuk OpenAI, atau lainnya.

Google telah berlomba untuk memasukkan AI ke dalam produk-produknya, namun perusahaan ini telah dilanda kekhawatiran bahwa mereka terlalu lambat dalam memanfaatkan pergeseran pasar dan telah mengejar ketertinggalannya dari Microsoft.

Bulan lalu, perusahaan ini menarik image generator di tengah-tengah banyaknya kritik atas penggambaran historis yang tidak akurat terkait ras.

Gemini AI.

Kesepakatan dengan Apple akan menjadi kemitraan Google dengan Gemini yang paling terkenal hingga saat ini dan bisa menjadi keuntungan besar bagi upaya AI perusahaan.

Apple memiliki lebih dari 2 miliar perangkat yang sedang digunakan secara aktif yang berpotensi menjadi rumah bagi Google Gemini akhir tahun ini.

Mendorong alat AI Google ke sebanyak mungkin perangkat dapat membantu menjadikannya sebagai perangkat yang digunakan pengguna secara refleks, seperti yang mereka lakukan pada mesin pencari perusahaan, menciptakan siklus yang baik di mana program-program tersebut menjadi lebih tajam dan lebih tajam dengan tambahan data pengguna.

Awal tahun ini, Google menjalin kesepakatan dengan Samsung Electronics Co untuk memasukkan teknologi Gemini ke dalam ponsel perusahaan Korea Selatan tersebut. 

Kesepakatan memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana Google dapat meningkatkan hubungannya dengan produsen perangkat Android di era AI generatif.

Para pengamat industri mengharapkan perusahaan-perusahaan teknologi untuk terus berkolaborasi dan berinvestasi di perusahaan startup untuk meningkatkan layanan mereka dan menghindari gangguan.

“Mereka saling membutuhkan satu sama lain, terutama di bidang seperti AI yang membutuhkan keahlian teknik dan daya komputasi yang besar,” ujar Dan Wang, profesor di Columbia Business School.

“Ini adalah cara yang masuk akal bagi perusahaan teknologi besar untuk menyebarkan risiko. Belum ada yang benar-benar menemukan aplikasi yang benar-benar bisa membuat orang bersedia membayarnya, pungkas Wang, pengajar inovasi dan kewirausahaan itu.

(bbn)

No more pages