Logo Bloomberg Technoz

BRIN Sebut Kebijakan Declare Barang Bawaan Bikin Repot

Pramesti Regita Cindy
23 March 2024 20:45

Gedung Bea Cukai ( Dok beacukai.go.id )
Gedung Bea Cukai ( Dok beacukai.go.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Addin Maulana menilai kebijakan melapor barang bawaan berharga atau declare ke Bea Cukai adalah hal yang merepotkan. Kebijakan ini dinilai bukan solusi terhadap upaya pemerintah menertibkan praktek jasa penitipan atau jastip.

Menurut dia kebijakan tersebut kurang tepat sasaran karena jumlah penumpang yang menjalani Jastip cenderung lebih sedikit dari pada pelaku perjalanan umum lainnya. Tradisi ini pada dasarnya hanya bagian dari tradisi keramahan sosial saja.

Addin menilai, jastip sebenarnya justru akan merepotkan para pelaku perjalanan ke luar negeri karena harus menyita agenda kegiatan dan menambah beban bagasi.

"Sehingga, jika ditanyakan apakah akan berdampak, maka menurut saya jawabannya iya, namun seberapa besar? saya rasa ini sifatnya inelastis terhadap permintaan, artinya tidak signifikan," jelas Addin kepada Bloomberg Technoz, Sabtu (23/2/2024). 

Sebelumnya, media sosial ramai membahas tentang aturan declare bea cukai. Bukan hanya bagi penumpang yang datang dari luar negeri, tapi aturan serupa ternyata harus dijalankan juga oleh penumpang yang akan ke luar negeri.