Logo Bloomberg Technoz

Rudal Rusia Sebabkan Pemadaman Listrik Besar-besaran di Ukraina

News
22 March 2024 19:00

Invasi Rusia di Ukraina (Dok: Bloomberg)
Invasi Rusia di Ukraina (Dok: Bloomberg)

Kateryna Chursina dan Volodymyr Verbianyi - Bloomberg News

Bloomberg, Sejumlah wilayah di Ukraina mengalami pemadaman listrik setelah serangan rudal dan drone Rusia terbesar terhadap infrastruktur energi negara itu sepanjang tahun ini. Hal tersebut mendorong Presiden Volodymyr Zelenskiy untuk kembali mendesak sekutu asing mempercepat bantuan militer.

Pertahanan udara Ukraina mencegat kurang dari setengah dari 88 rudal, yang mempengaruhi sistem pembangkit dan transmisi listrik di seluruh negeri pada Jumat (22/03/2024) dini hari, kata Zelenskiy di saluran Telegramnya. Sebagian besar dari perkiraan 63 drone berhasil ditembak jatuh.

Menteri Energi German Galushchenko mengatakan dalam pernyataan melalui email, tujuan Moskow adalah melumpuhkan sistem tenaga Ukraina melalui cara yang sama seperti tahun lalu.

“Rudal Rusia tidak mengalami penundaan seperti paket bantuan militer ke negara kami. Drone Shahed tidak memiliki keragu-raguan seperti beberapa politisi,” kata Zelenskiy saat dia mendesak sekutu Ukraina untuk tidak menunda pengiriman senjata, yang pada gilirannya akan membantu melindungi warga sipil.