Logo Bloomberg Technoz

Ketua Oposisi India Saingan Modi Ditangkap Jelang Pemilu

News
22 March 2024 16:20

Ketua Oposisi India Arvind Kejriwal. (Sumber: Bloomberg)
Ketua Oposisi India Arvind Kejriwal. (Sumber: Bloomberg)

Swati Gupta dan Sudhi Ranjan Sen - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin oposisi kunci di India, yang juga merupakan ketua menteri ibu kota Delhi, ditangkap oleh badan anti-pencucian uang federal, hanya beberapa minggu sebelum pemilu nasional.

Arvind Kejriwal ditangkap oleh Direktorat Penegakan, atau ED, pada Kamis (21/03/2024), kata Atishi, salah satu pemimpin di Partai Aam Aadmi, dalam sebuah posting di X. ED tidak mengkonfirmasi rincian penangkapan itu.

Delhi dikendalikan oleh Partai Aam Aadmi Kejriwal, atau AAP, dalam sistem pemerintahan federal India. Ketua menteri, 55 tahun, adalah anggota penting dari aliansi oposisi yang menantang upaya Perdana Menteri Narendra Modi untuk mendapatkan masa jabatan ketiga berturut-turut dalam pemilihan umum yang dimulai pada April.

Modi, 73 tahun, tetap menjadi pemimpin yang populer di kalangan pemilih. Partainya, Bharatiya Janata, berada dalam posisi kuat untuk kembali berkuasa. Aliansi oposisi, yang dibentuk tahun lalu untuk melawan Modi, telah terhambat oleh pembelotan, penyelidikan pemerintah, dan krisis keuangan.