Logo Bloomberg Technoz

Minyak Menguat Usai Turun 2 Hari karena Harga-Geopolitik Dominasi

News
22 March 2024 07:31

Ladang Minyak. (Dok: Bloomberg)
Ladang Minyak. (Dok: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Minyak mengalami penurunan selama dua hari, dengan para pedagang menilai prospek suku bunga global dan ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Minyak mentah Brent diperdagangkan di bawah US$86 setelah turun hampir 2% selama dua hari sebelumnya, sementara West Texas Intermediate mendekati US$81. Penurunan suku bunga yang mengejutkan dari Swiss National Bank mendorong dolar, yang menjadi hambatan bagi komoditas yang dihargakan dalam mata uang AS.

Minyak (Dok: Bloomberg)

Israel mengatakan bahwa mereka akan menyerang Rafah tidak peduli apa yang dikatakan AS, yang berpotensi meningkatkan ketegangan di Timur Tengah, karena mereka berperang melawan Hamas yang didukung Iran di Jalur Gaza. Sementara itu, Houthi di Yaman meyakinkan China dan Rusia bahwa kapal-kapal mereka tidak akan menjadi target di Laut Merah.

Minyak mentah telah naik pada kuartal pertama, setelah keluar dari kisaran sempit dalam beberapa minggu terakhir karena OPEC+ memperpanjang pengurangan produksi dan serangan Ukraina di wilayah Rusia, termasuk terhadap kilang minyak, semakin intensif.