Logo Bloomberg Technoz

Korean Air Gelontorkan Rp219 T untuk Beli Pesawat Airbus

News
21 March 2024 19:00

Korean Air. (Sumber: Bloomberg News)
Korean Air. (Sumber: Bloomberg News)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Korean Air Lines Co memesan 33 jet Airbus SE A350 berbadan lebar (wide-body) senilai US$14 miliar (Rp219 triliun), mengesampingkan Boeing Co yang biasanya menjadi pemasok pesawat utama mereka. Keputusan ini diambil untuk merampingkan armada menjelang merger dengan Asiana Airlines Inc.

Pesanan tersebut akan membuat maskapai yang berbasis di Seoul ini membeli 27 jet lorong ganda (twin-aisle) terbesar Airbus, A350-1000, dan enam A350-900 yang lebih kecil, dibandingkan Boeing 777X yang belum mendapatkan sertifikasi. Bloomberg News sebelumnya melaporkan bahwa Korean Air sedang dalam proses untuk mengumumkan kesepakatan signifikan minggu ini untuk setidaknya 20 jet A350.

"Pengadaan pesawat A350 generasi terbaru yang ramah lingkungan tidak hanya sejalan dengan upaya keberlanjutan maskapai, tetapi juga dilihat sebagai persiapan untuk integrasi dengan Asiana Airlines," kata Korean Air dalam sebuah pernyataan pada Kamis (21/03/2024). Kesepakatan senilai 18,5 triliun won (Rp219 triliun) ini belum termasuk diskon standar.

Permintaan untuk jet yang lebih besar, taruhan optimistis pada pertumbuhan perjalanan, dan tekanan pada kemampuan produsen pesawat untuk memenuhi permintaan pesawat lorong tunggal dekade ini memicu lonjakan pesanan pesawat berbadan lebar. Korean Air juga ingin menyederhanakan armadanya dan mengurangi biaya menjelang merger mereka dengan pesaing yang lebih kecil, Asiana. Penggabungan ini hanya tinggal menunggu persetujuan regulasi di AS.