Logo Bloomberg Technoz

JAL Tambah Armada dengan 42 Pesawat Baru, Airbus Mendominasi

News
21 March 2024 16:10

Pesawat Japan Airlines. (Dok Bloomberg)
Pesawat Japan Airlines. (Dok Bloomberg)

Supriya Singh dan Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Japan Airlines Co akan membeli 42 pesawat baru buatan Boeing Co dan Airbus SE dalam kesepakatan multi-miliar dolar untuk memperluas jaringan internasionalnya. Airbus memenangkan bagian yang lebih besar.

Berdasarkan pernyataan yang dirilis pada Kamis (21/03/2024) maskapai penerbangan yang berbasis di Tokyo ini akan membeli 21 Airbus A350-900 dan 10 pesawat berbadan lebar Boeing 787.  Secara signifikan, JAL akan membeli 11 pesawat A321neo, memutus dominasi Boeing sebagai pemasok tunggal jet lorong tunggal, di tengah masalah produksi yang sedang berlangsung dan masalah kualitas yang terungkap oleh kecelakaan pesawat Boeing 737 Max milik Alaska Airlines pada 5 Januari.

Pengumuman ini akan membantu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, yang akan melakukan kunjungan resmi ke AS bulan depan. Dia akan berusaha keras untuk menekankan manfaat hubungan bisnis bilateral dalam pembicaraan dengan Presiden Joe Biden. Dengan pemilihan umum AS yang semakin dekat, Jepang dan sekutu AS lainnya sedang bersiap untuk potensi kembalinya kekuasaan Donald Trump, yang telah sangat kritis terhadap surplus perdagangan Jepang dengan mitra dagang terbesar keduanya, dan mengancam untuk mengenakan tarif universal sebesar 10%.

"Pengenalan pesawat baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas kapasitas operasi internasional JAL, dengan fokus utama pada wilayah seperti Amerika Utara, Asia, dan India yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan di masa depan," kata pernyataan itu. Pesawat baru akan diperkenalkan selama enam tahun, mulai dari tahun fiskal 2027.