Logo Bloomberg Technoz

Riuh BBN Airlines, Begini Syarat Mendirikan Maskapai Baru di RI

Pramesti Regita Cindy
21 March 2024 12:20

BBN Airlines Indonesia. (Dok. BBN Airlines Indonesia)
BBN Airlines Indonesia. (Dok. BBN Airlines Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - BlueBird Nordic Airlines atau BBN Airlines Indonesia merupakan maskapai baru yang diketahui akan mengudara dan melayani penumpang secara komersial pada Maret 2024.

Meski baru di Indonesia, BBN sendiri merupakan anak perusahaan dari Avia Solutions Group yang merupakan penyedia pesawat, awak, pemeliharaan, dan asuransi atau aircraft, crew, maintenance and insurance (ACMI) terbesar di dunia.

Sejak mendapat izin komersial pada akhir Agustus 2023, BBN Airlines Indonesia telah mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan layanan pada rute domestik dan internasional.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, dalam membentuk sebuah maskapai baru, diperlukan pengajuan izin melalui proses administrasi yang merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 35/2021 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara.

Tak hanya itu, terdapat lima tahapan untuk prosedur penerbitan Sertifikat Operasi Angkutan Udara (AOC) yang terdiri dari tahap prapermohonan, permohonan resmi, evaluasi dokumen untuk pemenuhan regulasi, inspeksi dan demonstrasi, serta sertifikasi.