Logo Bloomberg Technoz

Pertaruhan BBN Airlines dalam Lanskap Industri Maskapai RI

Pramesti Regita Cindy
21 March 2024 10:40

BBN Airlines Indonesia. (Dok. BBN Airlines Indonesia)
BBN Airlines Indonesia. (Dok. BBN Airlines Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kehadiran BBN Airlines Indonesia dinilai tidak akan membawa banyak perubahan dalam lanskap persaingan bisnis industri maskapai penerbangan di Tanah Air.

Pakar sekaligus konsultan industri penerbangan Gerry Soejatman mengatakan pasar angkutan udara di Indonesia pascapandemi Covid-19 sebenarnya mirip dengan kondisi pascakrisis moneter 1998.

“Pemain-pemain lama banyak yang mengalami kendala keuangan, sedangkan permintaan dari pasar sudah pulih, sehingga ada gap antara permintaan dan kapasitas yang bisa dieksploitasi oleh pemain baru. Tentu ini sangat menggiurkan bagi para investor,” ujarnya, Kamis (21/3/2024).  

Meski permintaan di industri maskapai Indonesia sudah cukup pulih pascapandemi, Gerry menggarisbawahi masih terdapat kendala berupa aturan tarif batas atas (TBA) yang diterapkan pemerintah yang belum direvisi kembali sesuai dengan pergerakan biaya di industri maskapai. 

Maskapai BBN Airlines Indonesia./dok. Avia Solutions Group


Pemerintah bermaksud menjaga agar harga tiket maskapai penerbangan tidak terlalu mahal, padahal biaya operasi sudah jauh meningkat dibandingkan dengan era prapandemi.