Logo Bloomberg Technoz

Maskapai Pendatang Baru, Mampukah BBN Airlines Bersaing di RI?

Dovana Hasiana
18 March 2024 13:10

Maskapai BBN Airlines Indonesia./dok. Avia Solutions Group
Maskapai BBN Airlines Indonesia./dok. Avia Solutions Group

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kehadiran BBN Airlines Indonesia dinilai akan menggeser peta persaingan industri maskapai penerbangan di Tanah Air, meski masih banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemain baru yang mulai mengudara pada Maret 2024 tersebut.  

Secara garis besar, pakar sekaligus pengamat penerbangan Gatot Rahardjo memberikan dua catatan mengenai kondisi industri penerbangan untuk BBN Airlines Indonesia sebagai maskapai yang bakal melayani penumpang secara komersial di Tanah Air mulai tahun ini.

Pertama, Gatot menilai pasar Indonesia masih terbuka lebar untuk maskapai baru yang bakal mengudara. Hal ini sesuai dengan kondisi industri penerbangan pascapandemi di Indonesia.

Gatot mengatakan jumlah penumpang maskapai pada 2023 baru sekitar 83% dari kapasitas penuh, sedangkan jumlah frekuensi penerbangan baru sekitar 73% dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi pada 2019. 

Pramugari berjalan didalam pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (1/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan data International Air Transport Association (IATA) yang menyebutkan bahwa lalu lintas penerbangan internasional pada 2023 pascapandemi mencapai 94% dari realisasi 2019.