Logo Bloomberg Technoz

Sang Legenda Credit Suisse Runtuh, Reputasi 166 Tahun Gugur

News
20 March 2023 13:14

Kantor Credit Suisse di New York, AS. (Stephanie Keith/Bloomberg)
Kantor Credit Suisse di New York, AS. (Stephanie Keith/Bloomberg)

Marion Halftermeyer dan Myriam Balezou - Bloomberg News

Bloomberg, Keberadan Credit Suisse Group AG, bank asal Swiss yang dahulu dikenal sebagai salah satu penopang sistem keuangan global akan hilang. Keberadaan bank legendari ini hilang setelah Union Bank of Switzerland (UBS) Group AG setuju untuk membeli Credit Suisse dalam kesepakatan senilai sekitar US$ 3,25 miliar.

Angka akusisi Credit Suisse oleh UBS ini lebih kecil dari nilai pasar First Republic Bank, bank asal AS yang juga sedang bermasalah.

Penjualan yang ditengahi pemerintah ini menandai kejatuhan bank Swiss itu. Selama 166 tahun, Credit Suisse membantu memposisikan Swiss sebagai kunci utama keuangan internasional dan bersaing ketat dengan para raksasa Wall Street sebelum adanya gempuran skandal, masalah hukum, dan pergolakan manajemen yang merusak kepercayaan investor.

Sebagai buntut dari keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB) akhir pekan lalu, Credit Suisse yang sudah lama menderita dengan cepat menjadi pusat perhatian setelah pemegang saham utama mereka Saudi National Bank mengatakan kepada Bloomberg Television pada Rabu (15/03/2023) bahwa mereka tidak akan menyuntikkan dana lagi kepada bank tersebut.