Logo Bloomberg Technoz

Redam Krisis, UBS Sepakat Beli Credit Suisse Rp 50 T

News
20 March 2023 06:45

Credit Suisse (Sumber: Bloomberg)
Credit Suisse (Sumber: Bloomberg)

Marion Halftermeyer, Eyk Henning, Jan-Henrik Förster, Dinesh Nair - Bloomberg News

Bloomberg - UBS Group AG sepakat untuk membeli Credit Suisse Group AG dalam sebuah transaksi yang bersejarah. Transaksi yang dibantu oleh pemerintah Swiss tersebut bertujuan untuk meredam krisis keyakinan terhadap pasar keuangan global.

Bloomberg News mengabarkan, UBS akan membayar CHF 3 miliar (Rp 50,01 triliun) untuk memiliki seluruh saham sang rival. Termasuk dalam kesepakatan ini adalah jaminan pemerintah dan provisi likuiditas. Harga per saham yang disepakati mencerminkan penurunan 99% dari puncak harga saham Credit Suisse yang terjadi pada 2007.

Bank Sentral Swiss (SNB) menawarkan bantuan likuiditas CHF 100 miliar (Rp 1.667,18 triliun) kepada UBS. Sementara pemerintah jaminan CHF 9 miliar (Rp 150,04 triliun) untuk kerugian yang mungkin terjadi saat UBS mengambil alih aset Credit Suisse. Sedangkan Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss (Finma) menyebut obligasi Credit Suisse sekitar US$ 16 miliar (Rp 266,75 triliun) akan menjadi tidak bernilai untuk memastikan investor bisa menghitung biaya,

Rencana pengambilalihan tersebut dinegosiasikan dan disepakati akhir pekan lalu. Tujuannya adalah mengatasi penarikan dana dari saham dan obligasi Credit Suisse akibat kejatuhan 3 bank di Amerika Serikat (AS).