Logo Bloomberg Technoz

"Ini kan perlu ditelusuri oleh pemerintah; apakah ada pihak-pihak yang sengaja ingin mendorong agar HET ini resmi naik, tidak hanya relaksasi sementara. Pemerintah perlu menindak tegas oknum-oknum yang memanfaatkan asimetris informasi ini untuk keuntungan segelintir pihak saja," pintanya.

"Pemerintah kemarin menyoroti kenaikan harga tiket pesawat, semestinya hal serupa dilakukan untuk pengusaha pangan yang mengendalikan pasokan ini, karena pasokan yang mereka kendalikan itu memengaruhi harga [beras]," tegasnya. 

Penjualan beras di supermarket. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)


Untuk itu, dia menegaskan bahwa pemerintah berhak untuk mengatur pasokan beras karena itu bagian daripada kebijakan pemerintah.

"Sebagian besar beras petani itu, tanaman padinya menggunakan pupuk subsidi, di sini pemerintah berhak mengatur pasokan beras karena di situ ada intervensi pemerintah dengan pemberian subsidi pupuk yang menggunakan APBN," ujarnya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan Presiden Joko Widodo menyepakati relaksasi HET selaras dengan kenaikan harga beras premium sebesar Rp1.000/kg hingga sebulan ke depan atau April 2024. Dengan demikian, HET beras premium naik dari Rp13.900/kg menjadi Rp14.900/kg.

"Bapanas menyampaikan pada Pak Presiden agar relaksasi harga beras premium sebelumnya Rp13.900/kg ke Rp14.900/kg. Kita minta izin dan disetujui untuk diperpanjang satu bulan supaya stok di market, terutama modern market dan outlet-outlet terjaga," kata Ariefa, Selasa (19/3/2024).

Arief menjelaskan perpanjangan kebijakan ini dalam upaya untuk menunggu turunnya harga gabah kering panen (GKP) menjelang panen raya pada Maret dan April.

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memang telah meminta pemerintah untuk menaikkan sementara HET beras di gerai-gerai pasar modern, alih-alih memaksa pengusaha menekan margin di tengah isu gangguan pasok.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicolas Mandey mengatakan pada dasarnya peritel tetap akan menyediakan beras, kendati dengan margin yang menipis. Terlebih, beras dan bahan pokok lainnya merupakan faktor pendorong masyarakat berbelanja ke ritel modern.

Di sisi lain, lanjutnya, kondisi gangguan pasok di ritel makin diperburuk dengan adanya harga beras perusahaan swasta yang dijual mahal. Sementara itu, ritel tidak bisa menjual rugi karena terdapat kebijakan HET.

Dengan demikian, Roy menyebut telah mengusulkan agar pemerintah merelaksasi HET dan harga acuan beberapa komoditas pangan, seperti beras, gula, minyak goreng, serta beberapa komoditas pangan lainnya yang berpotensi mengalami kenaikan pada Februari.

“Otomatis kami berharap ada relaksasi HET, atau  Bulog harus bisa menjamin pasokan beras masuk ke ritel. Kita meeting [sudah melakukan pertemuan untuk] meminta jaminan itu,” ujarnya saat ditemui Senin (12/2/2024).

(prc/wdh)

No more pages