Logo Bloomberg Technoz

Profil BBN Airlines, Maskapai Baru yang Mengudara di RI Bulan Ini

Dovana Hasiana
15 March 2024 14:20

BBN Airlines Indonesia. (Dok. bbnairlines.id)
BBN Airlines Indonesia. (Dok. bbnairlines.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - BBN Airlines Indonesia merupakan maskapai baru yang bakal mengudara dan melayani penumpang secara komersial pada Maret 2024.

Adapun, maskapai tersebut baru saja mendapatkan penambahan Sertifikat Operasi Udara (AOC) penerbangan komersial penumpang dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud)

“Dengan adanya AOC ini, Kemenhub telah menyatakan bahwa BBN Airlines Indonesia layak dan memenuhi standar regulasi untuk membuka layanan penerbangan komersial penumpang yang akan mulai beroperasi segera pada Maret 2024,” ujar Chairman BBN Airlines Indonesia Martynas Grigas dalam siaran pers, dikutip Jumat (15/3/2024). 

Dilansir melalui situs resmi, BBN Airlines merupakan anak perusahaan dari Avia Solutions Group yang merupakan penyedia pesawat, awak, pemeliharaan, dan asuransi atau aircraft, crew, maintenance and insurance (ACMI) terbesar di dunia. 

Maskapai BBN Airlines Indonesia./dok. Avia Solutions Group

Adapun, selama ini BBN Airlines Indonesia merupakan maskapai penerbangan kargo yang berbasis di Indonesia dengan berbagai spesialisasi. Pertama, ACMI Leasing atau perjanjian antara dua maskapai penerbangan, di mana penyewa setuju untuk menyediakan pesawat, awak, pemeliharaan dan asuransi (ACMI) kepada penyewa – sebagai imbalan atas pembayaran jumlah jam yang dioperasikan.