Logo Bloomberg Technoz

Erdogan Bertemu Niinisto, Turki Setujui Finlandia Masuk NATO

News
17 March 2023 18:26

Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Oliver Bunic/Bloomberg)
Kati Pohjanpalo dan Selcan Hacaoglu - Bloomberg News 

Bloomberg, Pemerintah Turki sedang bersiap untuk melakukan ratifikasi keanggotaan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk Finlandia. Aliansi militer itu selangkah lebih dekat untuk menyambut anggotanya yang ke-31 setelah dampak invasi Rusia ke Ukraina menyebar ke seluruh Eropa.

Anadolu Agency melaporkan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan bertemu dengan Presiden Finlandia, Sauli Niinisto, pada Jumat (17/03/2023) di Ankara. Sebelumnya, Erdogan telah menyampaikan janjinya untuk menyetujui Finlandia bergabung dengan NATO. Keduanya akan mengadakan konferensi pers bersama pada pukul 16:45. waktu lokal.

Hari ini kami melakukan kunjungan ke Kahramanmaraş di tenggara Türkiye hari ini. Para tim penyelamat terus bekerja keras di tengah kehancuran yang disebabkan oleh gempa bumi. Finlandia terus memberikan bantuan kemanusiaan dan tim ahli untuk membantu mereka yang terkena dampak.

Sauli Niinistö  

Sementara Turki menyiapkan langkah tersebut, Hungaria menjadi satu-satunya negara yang belum memberikan persetujuannya secara resmi  atas keanggotaan Finlandia. Hal tersebut juga berpotensi untuk menunda bergabungnya Swedia sebagai anggota NATO.

Amerika Serikat (AS) telah meminta percepatan ratifikasi kedua negara Nordik tersebut, dan sebagian besar aliansi NATO menginginkan perjanjian dapat diselesaikan pada pertemuan puncak pada bulan Juli mendatang. Hungaria saat ini berencana untuk memberikan suaranya pada keanggotaan Swedia dan Finlandia pada akhir Maret atau awal April.

Keanggotaan Finlandia akan memungkinkan aliansi untuk bersiap mengamankan wilayah Laut Baltik untuk membela anggota Baltiknya. Anggota itu sering dipandang sebagai target potensial agresi Rusia. Masuknya Finlandia dalam aliansi tersebut juga akan menggandakan perbatasan NATO dengan Rusia, yang sekarang hanya sebesar 6% dari perbatasan darat Rusia.