Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Inggris Kembali Tumbuh di Januari Usai Resesi Dangkal

News
13 March 2024 17:40

Jalanan pusat pertokoan di Inggris (Bloomberg)
Jalanan pusat pertokoan di Inggris (Bloomberg)

Andrew Atkinson dan Philip Aldrick - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Inggris kembali pulih pada Januari, mencatatkan pertumbuhan moderat setelah jatuh ke dalam resesi teknis pada paruh kedua tahun lalu.

Kantor Statistik Nasional mengatakan pada Rabu bahwa produk domestik bruto naik 0,2% menyusul penurunan 0,1% pada Desember. Jasa dan konstruksi memberikan keuntungan, mengimbangi penurunan produksi industri.

Angka-angka tersebut membuat Inggris berada di jalur yang tepat untuk tumbuh selama kuartal pertama secara keseluruhan, mengakhiri resesi. Hal ini merupakan dorongan bagi Perdana Menteri Rishi Sunak, yang berusaha untuk melawan jajak pendapat yang menunjukkan bahwa Partai Konservatif menghadapi kekalahan besar pada pemilihan umum yang diperkirakan akan diadakan akhir tahun ini.

Namun, pemulihan ini kemungkinan tidak akan terlalu cepat karena kenaikan suku bunga di masa lalu terus berlanjut ke rumah tangga dan perusahaan-perusahaan. Para analis memperkirakan bahwa Inggris akan tertinggal dari negara-negara Group of Seven lainnya kecuali Jerman untuk satu tahun lagi.