Logo Bloomberg Technoz

Gagal Bayar Kupon Obligasi Yuan, Krisis Country Garden Memburuk

News
13 March 2024 12:30

Ilustrasi Country Garden Developments. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Country Garden Developments. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Country Garden Holdings Co gagal bayar kupon obligasi yuan untuk pertama kalinya. Hal ini mengindikasikan kesulitan yang semakin parah developer China ini, yang kini menghadapi gugatan hukum untuk melikuidasi aset-aset di luar negeri. 

Sumber yang tak ingin diketahui identitasnya mengatakan unit utama Country Garden di China belum membayar kupon senilai 96 juta yuan (Rp208 miliar) yang jatuh tempo pada Selasa (12/03/2024) untuk obligasi yuan 4,8% yang jatuh tempo pada tahun 2026. Ada grace period (masa tenggang) selama 30 hari perdagangan untuk pembayaran tersebut, sebelum dapat dinyatakan gagal bayar.

Country Garden mengguncang pasar ketika gagal membayar utang dolarnya pada Oktober, tetapi sejauh ini berhasil menghindari hal tersebut pada kewajiban mata uang lokalnya. Pada September, developer tersebut memperpanjang lebih dari 10 miliar yuan obligasi yuan hingga tiga tahun. Setelah itu, mereka membayar beberapa kupon dan pada bulan Desember melunasi utang senilai 800 juta yuan.

Country Garden tidak segera memberikan komentar ketika dihubungi. Media China, The Paper, melaporkan gagal bayar tersebut sebelumnya.

Country Garden Dollar Bond. (Sumber: Bloomberg)