Logo Bloomberg Technoz

Dengan mendinginnya pasar tenaga kerja dan data minggu depan yang diperkirakan akan menunjukkan perlambatan inflasi yang tajam, para investor bertaruh bahwa Bank of England akan mulai memangkas suku bunga pada Agustus dari level tertingginya dalam 16 tahun terakhir. Pasar saat ini memperkirakan penurunan suku bunga sebanyak empat poin selama tahun depan.

Pertumbuhan di Januari didorong oleh penjualan ritel yang kuat karena pemotongan 2 poin persentase pada asuransi nasional, pajak gaji, mulai berlaku dan mengangkat pendapatan yang dapat dibelanjakan.

Rumah tangga, yang telah menikmati kembalinya pertumbuhan upah riil, dapat mengharapkan peningkatan lebih lanjut pada April setelah Kanselir Bendahara Jeremy Hunt mengumumkan pemotongan 2 poin lebih lanjut dalam Kontribusi Asuransi Nasional dalam anggarannya minggu lalu. Para pekerja dengan upah minimum juga akan mendapatkan kenaikan hampir 10%.

Yang membebani pertumbuhan di Januari adalah aksi mogok kerja oleh para dokter junior, yang berkontribusi pada jumlah hari kerja yang hilang akibat aksi industrial tertinggi sejak September.

(bbn)

No more pages