Logo Bloomberg Technoz

Risiko Ekonomi Akibat Hilirisasi Nikel Diramal Rp88 T pada 2060

Redaksi
09 March 2024 17:40

Kompleks pengolahan nikel yang dioperasikan oleh Harita Nickel di Pulau Obi, Maluku Utara, Selasa (7/3/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Kompleks pengolahan nikel yang dioperasikan oleh Harita Nickel di Pulau Obi, Maluku Utara, Selasa (7/3/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Total kerugian ekonomi tahunan dari dampak kesehatan akibat polusi udara yang berkaitan dengan hilirisasi nikel diproyeksikan mencapai US$5,69 miliar atau setara Rp88,2 triliun pada 2060.

Sebuah riset dari Centre for Research on Energy and Clean Air (Crea) bertajuk Debunking the Value-added Myth in Nickel Downstream Industry menganalisis adanya risiko beban ekonomi yang diakibatkan oleh polusi udara, khususnya di fasilitas hilirisasi nikel, yakni dari pembangkit listrik kawasan atau captive power plant dan pengolahan logam berbasis batu bara.

Dalam kaitan itu, pembangkit listrik kawasan atau captive power plant mewakili pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) captive, generator diesel, dan pembangkit captive berbahan bakar gas yang dioperasikan secara eksklusif untuk menghasilkan listrik untuk menggerakan operasi produsen nikel yang beroperasi di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

Sementara itu, pabrik pengolahan atau smelter logam berbasis batu bara mewakili fasilitas atau sumber titik di mana proses metalurgi untuk pemurnian dan pembuatan logam berlangsung, yang dalam hal adalah fasilitas peleburan pada seluruh produsen nikel yang beroperasi di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara.

Dalam hitungannya, Crea melaporkan total kerugian ekonomi tahunan akibat polusi udara yang terkait dengan emisi pengolahan logam dan pembangkit listrik yang dievaluasi pada kegiatan provinsi tersebut diperkirakan mencapai US$148 juta atau setara Rp2,29 triliun pada 2020 dan diproyeksikan meningkat hampir 18 kali lipat menjadi US$2,63 miliar atau Rp40,7 triliun pada 2025. 

Smelter nikel./Bloomberg- Cole Burston